banner here

Wajib Tahu! Pengertian RAM dan ROM pada HP/Smartphone

- Oktober 30, 2017
advertise here
Setidaknya, pada perangkat elektronik, seperti halnya pada komputer atau hp/smartphone, pasti memiliki memori untuk menyimpan data atau file yang kita simpan. Ya, pengertian memori sangat dekat antara RAM dan ROM.

RAM dan ROM itu sendiri sebenarnya memori pada sebuah perangkat elektronik yang pada nyatanya memiliki fungsi masing-masing untuk menjalankan tugasnya masing-masing pula. Apakah penting? Tentu! Kalian bisa baca betapa pentingnya RAM pada smartphone.

Tanpa adanya memori, kita tak bisa menyimpan data atau file yang kita ingin simpan. Dengan kecanggihan teknologi dan semakin majunya inovasi teknologi di era yang modern ini, maka kapasitas RAM dan ROM biasanya akan memiliki kapasitas yang tinggi.

Lalu, sebelum membahas lebih lanjut mengenai yang lain, kita simak terlebih dahulu pengertian RAM dan ROM pada HP/smartphone!

Pengertian RAM dan ROM pada HP

RAM dan ROM pada HP/Smartphone

1. RAM

RAM itu sendiri merupakan singkatan dari Random Access Memory, yang mana memiliki kegunaan sebagai media penyimpanan atau memori yang bersifat sementara saja. RAM itu diukur dalam besaran MB dan GB untuk saat ini.

Pada dasarnya, Random Access Memori ini di dalamnya berisi data aplikasi yang tengah dijalankan oleh para pengguna smartphone.

Karena memang sifat RAM ini sementara, maka data pada RAM akan hilang jika perangkat atau smartphone volatile, yang berarti data di dalam RAM tak ditulis secara permanen. Tak hanya itu saja, RAM juga membutuhkan aliran listrik untuk menyimpan data.

Data yang tersimpan di dalam RAM akan hilang jika kita melakukan suatu restart pada HP. Di saat kalian sedang menjalankan sebuah aplikasi atau game, maka secara otomatis, aplikasi atau game itu akan tersimpan sementara di dalam RAM, yang memiliki tujuan agar kembali mengakses bisa dengan cepat, dibandingkan harus menyimpan di memori internal.

Bahkan, setelah beberapa waktu kamu menutup aplikasi yang berjalan, smartphone akan tetap menyimpannya di dalam RAM untuk sementara waktu.

Lantas, apakah kalian pernah mengalami masalah jika RAM pada smartphone selalu penuh dan cepat habis? Maka itu tandanya, begitu banyak aplikasi yang dijalankan secara bersama, sedangkan memori RAM yang dimiliki oleh smartphone kalian itu terbatas, atau kecil kapasitasnya.

Contohnya jika kamu menggunakan RAM 512 MB alias berukuran setengah GB tersebut, dengan menggunakan berbagai macam aplikasi media sosial seperti BBM, WhatsApp, Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya secara bersamaan, maka memori RAM kalian akan cepat habis.

Untuk mengantisipasi hal yang seperti itu, cukup sederhana yakni dengan menutup aplikasi yang memang sudah tak lagi digunakan.

Maka dari itu, smartphone sekarang kebanyakan sudah menggunakan RAM dengan kapasitas yang besar, seperti :
  • RAM 2GB
  • RAM 3GB
  • RAM 4GB
  • RAM 6GB
  • RAM 8GB

Tentunya dengan semakin besar kapasitas RAM yang diberikan, akan membuat kinerja smartphone juga jauh lebih cepat dan responsif saat menggunakan aplikasi secara bersamaan. Jadi, tak lagi ada kata lag saat sedang memainkan smartphone.

Di Mana Letak RAM?

RAM terletak di atas SoC. Posisi ini memang memungkinkan bagi SoC untuk mengakses RAM dengan cepat dan jika di atas SoC tak terdapat RAM, maka RAM akan diletakkan di chip yang berdekatan di sekitarnya.

Jika memang kamu jeli melihat pasar, maka kamu bisa dengan mudah ada begitu banyak smartphone yang didesain dengan menggunakan RAM besar. Pada umumnya, sekarang ini sudah menggunakan lebih dari RAM 1GB. Karena memang sebenarnya, RAM 1GB itu tak didedikasikan untuk aplikasi, hampir setengahnya sudah digunakan oleh sistem bawaan ponsel kalian.

2. ROM

ROM merupakan singkatan dari Read Only Memory, yang mana menjadi jenis memori yang hanya bisa dipaca dan tak bisa diisi atau ditulis dengan data. Pengisian data tersebut harus dilakukan dengan melalui proses yang khusus.

Jenis data pada ROM itu sendiri merupakan jenis memori non volatile yang berarti data di dalam ROM secara permanen tertulis dan tak terhapus saat sumber listrik padam.

Saat kamu membeli sebuah smartphone atau ponsel dengan memori internal 16GB, pasti kamu akan keheranan saat yang hanya bisa digunakan untuk menyimpan data itu hanya sebesar 12GB saja atau malah bahkan kurang. Lalu, sisanya kemana yang 4GB?

Sisanya tentu digunakan untuk sistem operasi perangkat kalian, contohnya menggunakan versi Android Nougat dan juga digunakan oleh aplikasi bawaan Android tersimpan di ROM ini.

Sementara itu, istilah ROM android juga bisa berarti firmware. Jika memang ada orang yang mengatakan akan melakukan flashing custom ROM di android, maka hal itu memiliki arti jika orang tersebut akan menginstall firmware atau sistem operasi ROM yang ada di android.

Fungsi RAM dan ROM

RAM memiliki fungsi untuk menangani atau menjalankan berbagai macam atau jenis perintah multitasking aplikasi yang tengah dijalankan. Analoginya, jika kian besar kapasitas RAM yang dimiliki, maka kian banyak juga data yang bisa disimpan dan semakin banyak juga proses multitasking yang berjalan, serta semakin cepat juga untuk menjalankan fitur atau sistem tertentu, dan masih banyak lagi yang lain keunggulan smartphone dengan RAM besar, bukan main!

Sementara itu, fungsi dari ROM itu sendiri untuk media tempat penyimpanan data-data internal yang dipergunakan untuk meletakkan sistem operasi, beserta dengan seluruh sistem yang ada di dalamnya.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search