banner here

Gahar! 10 Kelebihan Xiaomi Dibanding Samsung

- Oktober 25, 2017
advertise here
Xiaomi merupakan vendor smartphone asli Tiongkok yang kini pemasaran produknya merambah luas, sudah masuk ke Indonesia dan begitu banyak konsumen yang meminatinya. Membahas mengenai konsumen yang banyak meminati, pasti banyak alasan kelebihan atau keunggulan dari apa yang Xiaomi berikan.

Bisa dikatakan sebagai pendatang baru di Indonesia ini, namun Xiaomi bisa dengan mudah merajai pasar smartphone yang ada di Indonesia, mengalahkan beberapa pesaing dari vendor lain seperti Apple, Oppo, Sony, Vivo, hingga Samsung.

Kemungkinan besar, persaingan smartphone saat ini jauh lebih ketat dan membuat bingung para vendor untuk memberikan dan mengaplikasikan ide yang terbaik yang menjadi kelebihan tersendiri, yang mana digunakan untuk memikat hati para calon konsumen.

Walau terbilang baru di Indonesia, namun penjualan Xiaomi sudah terbilang cukup bagus atau malah bisa dikatakan lebih dari cukup terhadap target mereka. Lantas, apa yang menjadikan penjualan Xiaomi laris? Apa saja kelebihan atau keunggulan Xiaomi dibandingkan smartphone lain, terutama Samsung?

Kelebihan Xiaomi Dibanding Samsung

Kelebihan Xiaomi Dibanding Samsung

1. Soal Harga

Jika ditanya mengenai harga, pasti yang menjadi pemenang ialah vendor asal Tiongkok ini, ya Xiaomi!

Xiaomi terkenal memiliki smartphone dengan harga yang terjangkau, harga yang miring, berbeda dengan harga smartphone dari vendor-vendor yang lain.

Bahkan, untuk kelas low-end atau mid-range saja, sudah bisa kalian dapatkan dengan harga di bawah Rp 2 juta dan sudah memperoleh smartphone dengan spesifikasi yang terbilang sangat mumpuni di kelasnya.

Xiaomi dengan harga di bawah Rp 1 juta juga saat ini sudah dengan mudah bisa didapatkan. Namun, untuk masalah spesifikasi yang diberikan, tentu tidak ada yang wah untuk harga di bawah Rp 1 juta tersebut.

2. Spesifikasi yang Mumpuni

Spesifikasi yang diberikan oleh Xiaomi juga terbilang sangat mumpuni, walau diberikan atau dijual hanya dengan harga miring, sehingga siapa saja bisa menjangkau merk smartphone yang satu ini.

Sebagai contohnya saja, untuk harga HP Xiaomi di kisaran Rp 1 juta, kita sudah memperoleh spesifikasi yang mumpuni, seperti :
  • RAM berkisar antara 2-3GB
  • Kamera belakang hingga 13 MP
  • Kamera depan hingga 8 MP
  • Sistem operasi yang digunakan sudah di-update, tak kalah saing
  • dan masih banyak lagi yang lainnya

Sementara itu, untuk smartphone Xiaomi kelas high-end, tepatnya Xiaomi Mi A1, kita sudah diberikan fitur kamera ganda, sehingga bisa membuat hasil foto menjadi bokeh. Fitur bokeh inilah yang biasa kita temukan pada kamera DSLR!

Biasanya, banyak orang mencari smartphone itu dengan melihat RAM jika tidak kamera.

RAM yang besar biasanya mampu digunakan untuk menjalankan berbagai program aplikasi tanpa macet dan bisa untuk bermain game tanpa adanya hambatan atau gangguan atau macet di tengah jalan.

Sementara itu, kebanyakan bagi wanita menginginkan fitur kamera yang diberikan, yang mana cocok bagi wanita yang gemar selfie.

3. Desain yang Elegan

Desain keluaran Xiaomi saat ini sudah mengusung konsep elegan yang memiliki arti berjiwa muda, yang lebih spesifik menyasar kepada kalangan remaja.

Bahkan, sebagai salah satu contohnya, Xiaomi Redmi 4X memiliki desain yang hampir mirip dengan iPhone 6! Wah sangat menarik bukan?

Desain yang diberikan Xiaomi sangat stylish, sehingga bisa dengan mudah menyatu dengan konsumennya, terutama untuk kalangan remaja.

Sementara itu, desain Samsung juga sebenarnya tak kalah apik, karena mereka juga sudah bisa mengusung layar lengkung. Akan tetapi, untuk bagian belakang smartphone Samsung terkesan biasa saja, tak ada gebrakan lagi yang lain mengenai desain di bagian belakang.

4. Fitur yang Menakjubkan

Banyak fitur menakjubkan yang disisipkan ke dalam smartphone Xiaomi, salah satu contohnya ialah fingerprint.

Hanya dengan bermodal uang kisaran Rp 1 juta saja, kita sudah memperoleh smartphone baru dengan fitur fingerprint, contohnya pada Xiaomi Redmi 4X. (Baca juga : Ini Lho Perbedaan Paling Menonjol antara Redmi dan Mi)

Untuk masalah kamera sendiri juga terbilang sudah cukup mumpuni, karena fitur pada kamera belakang sudah disisipi dengan fitur phase detection autofocus beserta dengan LED Flash.

Xiaomi juga memiliki fitur cloud layaknya milik Apple yakni iCloud, sementara untuk Xiaomi memiliki Mi Cloud yang bisa diakses kapan saja melalui browser.

5. Tampilan yang Menyatu

Kesan pertama di saat menggunakan smartphone ini ialah tampilan Xiaomi yang terlihat begitu menyatu, begitu sinkron dengan smartphone itu sendiri.

Icon yang dibuat juga terkesan simple alias sederhana, namun mampu menonjolkan ketegasan icon tersebut dan bisa menyatu dengan baik terhadap tampilan yang ada pada Xiaomi.

Wallpaper itu sendiri juga terkadang sudah disediakan oleh Xiaomi, dengan banyak wallpaper berkualitas HD, sehingga bagi konsumen tentu menginginkannya dan mengunduh wallpaper tersebut.

6. Kerja Sama yang Baik dengan Hasil yang Baik Pula

Xiaomi memang dikatakan mampu memiliki hubungan kerja sama atau relasi bisnis yang cukup baik dengan vendor teknologi.

Salah satu contohnya adalah kedekatan antara Xiaomi dengan Qualcomm, yang mampu membuat Xiaomi menyetok processor dari Qualcomm dengan harga yang terjangkau.

Hal ini tentu memiliki imbas, jika memperoleh processor dengan harga yang lebih terjangkau, berarti harga jual Xiaomi juga bisa lebih terjangkau karena pengeluarannya bisa ditekan.

Inilah salah satu alasan yang menjawab mengapa harga HP Xiaomi murah dibandingkan merk lain.

7. MIUI

Kelebihan smartphone Xiaomi yang tak mungkin dilupakan ialah dengan adanya user interface dengan nama MIUI. MIUI inilah yang di dalamnya terdapat banyak fitur handal yang tak dimiliki oleh sistem operasi lain.

Dari sekian banyak, salah satunya OS MIUI ini menyediakan cukup banyak tampilan yang bisa dipilih sesuai dengan selera oleh para penggunanya.

Susunan tampilan antarmuka juga bisa diubah dengan mudah, hanya cukup mengunduh dengan gratis dari theme manager dan langsung bisa dipasang di smartphone. Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa membuat tema tersendiri dengan desain menarik sesuai dengan selera.

8.Kustomisasi Home Screen Mudah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kelebihan Xiaomi ini ialah dengan adanya theme manager yang juga bisa dihadapkan dengan adanya fitur kustomisasi yang begitu lengkap.

Di dalam fitur inilah kalian juga bisa memilih tampilan icon, font, gaya lock style dan masih banyak lagi yang lainnya yang bisa digunakan sesuka hati sesuai dengan selera.

Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa mengubah gaya sesuai dengan selera, seperti mengubah tampilan gaya pesan singkat (SMS), boot animation, boot audio, hingga dengan tampilan dial pad sesuai dengan keinginan para penggunanya.

9. Kenyamanan

Saat kita menggunakan, memegang smartphone Xiaomi terkadang memiliki rasa atau sensasi kenyamanan tersendiri.

Namun, apabila digunakan secara berlebihan, di atas normal, tentu smartphone akan panas karena bekerja lebih banyak untuk menangani tugas kita dalam menjalankan smartphone Xiaomi tersebut.

Tentu, kita akan merasa nyaman juga dengan Samsung, karena segi desain atau ukuran yang juga diberikan pas dalam genggaman tangan kita.

10. Mendapat Update secara Berkala

Bagi para pengguna smartphone yang satu ini, tentu sudah tak asing lagi dengan yang namanya Stable ROM dan Dev ROM, yang mana kedua ROM tersebut selalu diberikan update oleh pihak official secara berkala.

Sementara itu, bagi pengguna HP Xiaomi yang memilih tetap pada Stable ROM ini, biasanya update yang dilakukan setiap minggu untuk Dev ROM akan diberikan secara bersama dalam 1 kali update yang biasanya datang dalam jangka waktu beberapa bulan tertentu.

Maka dari itu, bug yang ada di smartphone Xiaomi bisa diperbaiki, sehingga mampu membuat performa smartphone berjalan dengan baik.

Kesimpulan

Kesimpulannya, smartphone Xiaomi ini jika membandingkan masalah harga dan spesifikasi, unggul dari berbagai merk smartphone lain, terutama Samsung.

Masalahnya, dalam banderol harga yang murah, Xiaomi mampu memberikan spesifikasi kelas atas yang tak diberikan oleh para kompetitornya dari vendor-vendor yang lain.

Desain yang diberikan Xiaomi juga selalu mengikuti perkembangan zaman, yang mana nyatanya membuat kita menjadi lebih tertarik dengan desain yang diberikan.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search