banner here

Salut Banget! Ini 16 Merek Smartphone Buatan Indonesia

- November 16, 2017
advertise here
Sadar atau tidak, jika merek smartphone saat ini memang rata-rata didominasi oleh industri smartphone dari asing, seperti Xiaomi yang berasal dari Tiongkok, Samsung dari Korea Selatan dan Apple dari Amerika Serikat.

Akan tetapi, kita tidak perlu risau dan kecewa karena pada faktanya, Indonesia, Tanah Air ini juga memiliki merek smartphone lokal sendiri, yang mana smartphone tersebut juga eksis di pasaran sekarang ini.

Vendor smartphone asal Indonesia juga sebenarnya mempunyai produk smartphone yang tidak kalah saing dengan vendor smartphone asing. Walau memang beberapa merk asli Indonesia kurang begitu dikenal baik, namun ternyata peran tersebut tetap bisa eksis dalam menelurkan produk andalan terbarunya di setiap tahun.

Jika membandingkan dengan smartphone asing, produk dalam negeri ini terbilang berkualitas juga, sehingga bisa bersaing secara sehat dengan smartphone yang dihasilkan oleh vendor-vendor asing. Ingin tahu apa saja merek tersebut?

Merek Smartphone (HP) Buatan Indonesia

Merek Smartphone Buatan Indonesia

1. Evercoss

Evercoss
Logo Evercoss, via androzeer.blogspot.com

Perusahaan yang sebelumnya memiliki nama Cross Mobile ini menjadi salah satu pabrikan smartphone yang berasal dari Indonesia, yang mana cukup eksis walau setidaknya hanya di pasaran Indonesia saja.

Dengan menarget atau menyasar kepada kalangan menengah ke bawah, perusahaan yang mulai berdiri di tahun 2008 di Jakarta ini sudah banyak memproduksi smartphone dan tablet dengan banderol harga yang murah.

Beberapa produk smartphone buatan pabrikan yang satu ini ialah Evercoss Winner Series dan Evercoss Elevate Series. Perlu diketahui juga jika tidak semua produk dari pabrikan ini buatan asli Indonesia. Beberapa komponen hardware (perangkat keras) masih menggunakan produk dari Tiongkok dan juga dari Jerman.

2. HiMax

Himax
Logo Himax, via himax.co.id

Pabrikan yang berdiri pada bulan Oktober 2012 ini menjadi salah satu perusahaan lokal Tanah Air yang mana kiprahnya sukses dalam memproduksi smartphone berkualitas dengan harga yang terjangkau.

HiMax yang sebenarnya pemilik asli merupakan salah satu tim yang berasal dari Jepang, kerap kali memproduksi ponsel keren dengan berbekal banyak fitur yang menawan dan diklaim tidak kalah apik jika membandingkannya dengan brand Asia yang lain, seperti Asus dan Xiaomi.

Salah satu produk keren di jajaran smartphone yang pernah diproduksi oleh HiMax adalah HiMax Polymer dan HiMax Pure S.

3. Polytron

Polytron

Semenjak era 1970-an silam, Polytron memang sudah begitu dikenal sebagai salah satu pabrikan elektronik ternama yang berasal dari Indonesia.

Pabrik yang mulai didirikan pada tanggal 18 Mei 1975 ini, dengan terletak di Kudus, banyak memproduksi barang-barang atau perangkat elektronik bagi masyarakat di Indonesia, yang salah satunya ialah smartphone.

Keunggulan dari smartphone buatan dari Polytron ini salah satunya dengan harga yang terjangkau, namun spesifikasi yang disisipkan di dalamnya sudah sangat memadai.

Sementara itu, salah satu produk smartphone Polytron yang terbaik ialah P520 yang mana smartphone tersebut ditujukan bagi kalangan menengah ke atas.

4. Digicoop

Digicoop
Digicoop, via digicoop.io

Smartphone yang satu ini merupakan ponsel terbaru buatan dari lokal. Digicoop dibuat secara langsung oleh tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan bahkan mereka mengklaim jika sudah mengusung TKDN (tingkat kandungan dalam negeri) sesuai dengan anjuran dari Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Smartphone ini dilaporkan juga sudah mengusung konektivitas 4G dan hanya dibanderol dengan harga Rp 1,2 juta saja! Kabarnya, mengenai spesifikasi yang lain, smartphone ini sudah mengusung RAM 1GB, ROM 8GB, kamera depan 5MP dan kamera belakang 2MP serta berbekal daya tahan baterai 1800 mAh.

5. Mito

Mito
Mito, via hptermurah.net

Mito hadir sebagai brand smartphone buatan asli Indonesia, yang mana cukup memiliki nama yang baik di pasaran. Vendor ini sendiri sudah berdiri di Indonesia tepat pada tahun 2006 silam dan sukses mencuri perhatian masyarakat atau konsumen dengan produk yang berkelas, dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau.

Diantara produk smartphone milik Mito, seri Mito Fantasy Selfie 2 A18 menjadi salah satu seri yang paling sukses atau laris di pasaran.

Fitur canggih yang disisipkan, desain yang menawan dan harga yang terjangkau mampu membuat smartphone ini berhasil mencuri perhatian dari para konsumen.

6. Zyrex

Zyrex

Nama Zyrex sebenarnya sudah tak asing lagi di telinga sebagian pengguna komputer. Brand lokal yang sudah berdiri semenjak tahun 1996 ini tak hanya memproduksi komputer saja, melainkan juga memproduksi perangkat elektronik yang lain seperti smartphone.

Produk smartphone buatan dari Zyrex ini rata-rata memiliki spesifikasi yang cukup bagus dan dijual dengan harga yang terjangkau. Vendor ini nampaknya memang ingin untuk membidik kelas menengah ke bawah dalam seri smartphone yang mereka keluarkan.

7. Cyrus

HP Cyrus One TV
HP Cyrus One TV, via id.priceprice.com

Smartphone dengan merek Cyrus ini mempunyai keunggulan, dibandingkan dengan smartphone yang lain.

Dengan harga yang cukup terjangkau, dilengkapi juga dengan fitur TV analog, sehingga mampu membuat dirimu tak bimbang jika ingin mendukung tim sepak bola kesayangan saat berada di perjalanan.

8. IMO

IMO

Smartphone IMO ini sendiri dibuat oleh perusahaan Indonesia, PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI).

Tidak hanya menciptakan smartphone saja, namun juga tablet, sehingga berhasil tercipta tablet seperti IMO Tab Neo X3 dengan fitur yang disajikan cukup menawan.

9. Osmo

HP Osmo O3
HP Osmo O3, via tribunnews.com

Osmo lahir dari jasa Trikomsel dengan Advan. Trikomsel merupakan perusahaan penyedia produk beserta layanan dalam telekomunikasi seluler Indonesia, bisnis yang dijalankan mencakup usaha ritel bagi ponsel dan komputer.

Merek baru ini dibuat dalam rangka memperluas pangsa pasar di dalam negeri yang mana mulai menunjukkan grafik peningkatan di dalam bisnis pertelekomunikasian. Salah satu contohnya ialah Osmo S50F.

Smartphone tersebut dilengkapi dengan Dual SIM GSM, layar 5 inch dan sistem operasi Android 4.4 KitKat.

10. Advan

Advan

Advan menjadi suatu perusahaan elektronik asal Indonesia yang mana kerap kali memproduksi smartphone.

Dengan pertama kali didirikan pada tahun 2007 silam di Jakarta dan memiliki fokus dalam memproduksi beberapa perangkat elektronik, seperti smartphone dan juga tablet.

11. Smartfren

Smartfren
Smartfren, via logonoid.com

Smartfren merupakan vendor smartphone yang berasal dari Indonesia, lebih dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi provider internet 4G LTE yang menawarkan beragam kenyamanan dalam berinternet lancar dan cepat.

Tidak hanya menjadi provider internet saja, Smartfren turut serta dalam memproduksi smartphone untuk mendukung provider yang sebelumnya sudah dihasilkan.

Smartphone buaran dari Smartfren yang tak kalah kualitas dengan brand ternama, seperti Smartfren Andromax V3S berhasil menjadi salah satu produk dalam negeri yang paling laris atau paling laku di pasaran.

12. Venera

HP Venera Aktiv 125
HP Venera Aktiv 125, via id.priceprice.com

Venera merupakan ponsel dengan bendera dari PT Teletama Artha Mandiri atau lebih dikenal dengan nama PT TAM. Di dalam pemasarannya, Venera bekerja sama dengan Erajaya, selaku pemilik outlet Eraphone yang tersebar di Indonesia dan juga Telkomsel.

Tipe smartphone yang terkenal ialah Venera Volt V5 dengan mengusung sistem operasi Android Jelly Bean dan dengan layar 5 inch.

13. StarTech

HP StarTech
HP StarTech, via birunyasamudra.blogspot.com

Perusahaan lokal ini memiliki target untuk menjualkan produk hingga 10 juta penjualan per tahunnya. Tak tanggung-tanggung, untuk pemasaran, mereka berani menggaet beberapa artis terkenal seperti Melly Goeslaw, Anya Dwinov dan lain sebagainya.

Salah satu smartphone unggulannya ialah StarTech ST57 yang menjadi produk keluaran yang pertama di vendor ini, dengan pertama kali dirilis pada bulan Januari 2008.

14. Nexian

Nexian
Nexian, via menuharga.blogspot.com

Nexian merupakan produk smartphone yang cukup terkenal dan berhasil dinobatkan sebagai The Most Favorite Local Brand. Produk yang paling cukup terkenal luas ialah NexianBerry.

Tercatat hingga pada bulan Desember 2010, Nexian ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia sebanyak 8 juta penggunaan. Angka ini bahkan bisa dikatakan cukup besar di zaman tersebut. Strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara melalui gerai atau retail elektronik.

Salah satu produk unggulannya ialah Nexian Cappuccino NX-G869 yang memiliki fitur dual GSM dengan layar 3,2 inch dan kamera 2MP.

15. Bolt 

HP Bolt Powerphone E1
HP Bolt Powerphone E1, via tabloidpulsa.com

Perusahaan ini tak berdiri di tempat seperti kebanyakan perusahaan yang sebelumnya, namun didirikan di Batam sebagai suatu tempat produksi atau distributornya. Ponsel dengan konektivitas 4G ini berada di bawah bendera dari PT Tata Sarana bagi pasar Indonesia.

Kelebihan dari ponsel ini ialah dengan tersedia konektivitas 4G yang dianggap mempunyai kecepatan hingga 10 kali kecepatan komunikasi 3G. Ponsel yang cukup terkenal ialah Bolt PowerPhonr IVO V5, dengan mengusung layar 5 inch.

16. Vitell

HP Vitell

Dengan dukeluarkan pada bulan November 2007, Vitell berhasil bertahan di pasaran. Dengan berbendera dari PT Lintas Cakrawala Persada, Zenko sang pendiri mulai memproduksi, sekaligus juga menjadi distributor produk ini.

Teknologi yang digunakan menggunakan dual mode GSM dan CDMA. Beberapa produk yang cukup terkenal seperti V710 dan V299.

Penutup

Itulah sebanyak 16 merek smartphone atau ponsel asli buatan dari Indonesia yang sering dikira produk buatan luar negeri.

Walau memang smartphone buatan luar negeri jauh lebih menggiurkan dengan fitur yang diberikan, jangan pernah meremehkan smartphone buatan lokal juga, karena ternyata ini menjadi suatu kebanggaan dan apresiasi tersendiri bagi Tanah Air.

Tetap cintai produk-produk dalam negeri!
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search