banner here

Wajib Tahu! 5 Perbedaan Xiaomi Redmi dan Mi

- Oktober 06, 2017
advertise here
Tak sedikit dari kebanyakan pengguna android yang hingga saat ini masih belum mengetahui apa yang menjadi pembeda di perangkat Xiaomi, antara seri Redmi dan Mi, bahkan para pengguna Xiaomi sendiri juga sebagian besar belum tentu mengetahuinya.

Tidak sedikit juga yang memiliki pikiran atau pendapat jika mungkin kedua seri Xiaomi itu sama karena memang hanya berbeda beberapa huruf saja, sehingga daripada bersusah payah untuk mencari informasi, para pengguna langsung mencoba menyimpulkan jika kedua seri Xiaomi itu adalah sama, pada intinya.

Kita tentunya pernah melihat atau mendengar jika Xiaomi meluncurkan smartphone terbaru mereka yang diberikan nama dengan Mi Note Pro. Tentu saja dengan peluncuran smartphone tersebut, membuat banyak para Mi Fans menjadi kebingungan sendiri.

Masalahnya, nama-nama yang dikeluarkan oleh Xiaomi itu terkesan membingungkan dan terlihat agak sama. Salah satu contoh kecilnya adalah ada Xiaomi Redmi 1S dan di sisi yang lain juga ada Xiaomi Mi 1S.

Contoh yang selanjutnya, ada juga Xiaomi Redmi Note dan di sisi lain ada Xiaomi Mi Note. Tentu saja dengan hal yang kecil namun fatal karena sangat membingungkan calon konsumen dan para penggunanya sendiri, terlebih bagi yang masih awam dengan Xiaomi.

Tidak perlu berlama-lama lagi, mari kita simak sebenarnya apa perbedaan dari Xiaomi Redmi dan dengan Xiaomi Mi yang membuat kita bertanya keheranan!

Perbedaan Xiaomi Redmi dan Xiaomi Mi

Perbedaan Xiaomi Redmi dan Mi

1. Spesifikasi yang Berbeda

Xiaomi Redmi 1S
Xiaomi Redmi 1S, via paketblackberry.com

Perbedaan antara kedua seri Xiaomi ini terlihat dengan begitu jelas. Untuk Xiaomi seri Redmi, memiliki spesifikasi yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan seri Mi.

Kebanyakan, untuk seri Redmi itu sendiri dipersenjatai oleh spesifikasi kelas menengah, contohnya dengan processor MediaTek atau Snapdragon kelas menengah. Kapasitas RAM pada seri Redmi sendiri juga berkisar hanya 1 GB atau 2 GB rata-rata.

Sementara itu, berbeda cukup jauh dengan varian Mi, yang mana pada varian ini memiliki spesifikasi yang jauh lebih gahar. Smartphone varian Mi ini dipersenjatai oleh processor yang berkualitas tinggi di kelasnya, terlebih dengan dukungan RAM yang mencakup hingga 3 GB atau malah  4 GB.

Setidaknya, itu saja yang menjadi perbedaan umum atau yang menjadi perbedaan yang paling mendasar antara kedua varian tersebut.

Tentu saja, dalam perbandingan masalah spesifikasi ini, Xiaomi versi Mi jauh lebih diunggulkan ketimbang saudaranya, Redmi, yang mana hanya mengusung spesifikasi kelas menengah saja.

Masih banyak perbedaan lain yang terdapat di spesifikasi, seperti contohnya mengenai masalah resolusi kamera, hingga desain yang ditawarkan.

Kesimpulan :

Xiaomi Redmi : Smartphone ini memiliki spesifikasi menengah ke bawah yang biasanya hanya mengandalkan processor MediaTek, RAM 1 GB atau 2 GB, beserta dengan kamera yang diberikan terkadang hanya resolusi kecil dan tak memuaskan konsumen.

Xiaomi Mi : Smartphone ini menyasar ke kalangan menengah ke atas dengan spesifikasi yang diusung jauh lebih bagus dan lebih menarik, terkadang menggunakan processor Snapdragon yang biasa digunakan oleh smartphone flagship lain, menggunakan RAM yang tinggi, hingga layar yang diberikan tentu jauh lebih baik kualitasnya.

2. Harga yang Berbeda

Perbedaan Harga Xiaomi Redmi dan Mi

Selain dari adanya perbedaan spesifikasi yang ditonjolkan kedua varian Xiaomi itu, perbedaan paling mencolok lainnya ialah pada harga yang membuat kita menjadi lebih lega mengetahuinya.

Untuk varian Redmi, sebenarnya lebih menyasar ke kalangan menengah ke bawah, dengan harga kebanyakan atau rata-rata di bawah US$300 (atau jika dirupiahkan, kurang dari Rp 4 juta).

Sementara itu, untuk seri Mi, harganya yang jauh lebih mahal yang mana target dari varian ini sendiri menyasar ke kalangan menengah ke atas, biasanya di atas US$300 (atau jika dirupiahkan setara dengan lebih dari Rp 4 juta).

Perbedaan harga yang begitu mencolok ini memang terlihat karena spesifikasi yang diusung oleh kedua varian itu jelas benar-benar berbeda.

Jika kita membandingkan varian Xiaomi seri Mi ini dengan smartphone kompetitor yang lain, tentu smartphone buatan Xiaomi tak kalah saing atau bahkan hampir jauh lebih bagus sedikit dibandingkan dari para kompetitornya.

Akan tetapi, jika Anda hanya memiliki budget atau dana yang pas-pasan, namun memiliki keinginan untuk mempunyai smartphone spesifikasi lumayan dengan harga yang murah dibandingkan para kompetitor, maka Xiaomi seri Redmi inilah yang menjadi jawabannya.

Namun, tentu saja, harga sama dengan kualitas. Harga yang tinggi akan memberikan kualitas tinggi dan begitulah sebaliknya.

Kesimpulan :

Xiaomi Redmi : Smartphone ini lebih menyasar ke kalangan menengah ke bawah dengan harga yang diberikan cenderung lebih murah. Harganya di bawah Rp 3 juta, atau malah saat ini kebanyakan dijual dengan harga dibawah Rp 2 juta saja.

Xiaomi Mi : Smartphone yang menyasar kelas menengah ke atas ini lebih mengandalkan spesifikasi, sehingga yang diberikan soal harga, tentunya jauh lebih mahal. Biasanya, harga yang ditawarkan lebih dari Rp 3 juta, dan bahkan tak jarang kita menemui Xiaomi Mi ini harganya lebih dari Rp 5 juta.

Rugi Nggak Baca : Terkuak 10 Alasan Kenapa Harga HP Xiaomi Murah!

3. Target Pasar/Konsumen yang Berbeda

Xiaomi Redmi 4A

Antara kedua varian ini, Redmi dan Mi, tentu setiap varian memiliki perbedaannya masing-masing. Perbedaan yang selanjutnya ini adalah perbedaan pada target pasar atau konsumen.

Untuk Xiaomi Redmi itu sendiri lebih ditargetkan atau menyasar kepada kalangan menengah ke bawah. Hal ini bisa diketahui dengan mudah jika spesifikasi yang terdapat di dalamnya mungkin hanya diandalkan oleh processor MediaTek.

Sementara itu, untuk Xiaomi Mi, ditargetkan kepada konsumen kalangan menengah ke atas, terlihat dari segi processor saja sudah menggunakan Snapdragon dan bahkan untuk spesifikasi lain, RAM, Kamera dan lain sebagainya sudah sangat mendukung untuk digunakan dalam kebutuhan sehari-hari.

Jika memang Anda benar-benar berminat, serius, tertarik untuk menggunakan smartphone yang jauh lebih baik, alangkah baiknya gunakanlah smartphone kelas atas. Di Xiaomi ini contohnya menggunakan varian Mi.

Processor yang digunakan oleh seri Mi juga bisa dikatakan processor terbaik di masanya. Kerap kali, Xiaomi Mi ini menggunakan seri processor yang biasa digunakan oleh kompetitor berlabel flagship atau smartphone unggulan, yang juga digunakan oleh Xiaomi Mi.

Kesimpulan :

Xiaomi Redmi : Dengan kelas menengah ke bawah yang ditawarkan, tentunya smartphone ini menyasar kepada konsumen kelas menengah yang menggunakan smartphone secara semestinya saja, tak ada kebutuhan khusus untuk menggunakan fasilitas atau fitur yang lain.

Xiaomi Mi : Varian ini menyasar kepada kalangan menengah ke atas, yang mana memiliki daya tarik yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Xiaomi Redmi. Smartphone ini cocok bagi kalian yang memang memiliki uang dan menginginkan smartphone sebagai kebutuhan dan pembantu kinerja harian yang mampu mendukung Anda.

4. Gaya Desain yang Berbeda

Xiaomi Mi 4
Xiaomi Mi 4, via kimovil.com

Memang, setiap seri yang diperkenalkan atau diluncurkan itu tentu hadir dengan gaya desain yang berbeda. Akan tetapi, jika kita sendiri melihatnya dengan jauh lebih jeli, maka terlihat desain yang ditawarkan pada Redmi dan Mi akan terlihat berbeda.

Terlihat dalam beberapa seri Mi, contohnya pada Mi 4 atau pada Mi Note yang notabene merupakan seri flaghsip atau kelas unggulan, kedua smartphone tersebut hadir dengan balutan atau frame metal. Walaupun memang ada yang tak menggunakan material metal, namun masih tetap terpancar kesan elegan yang muncul di benak kita.

Sementara itu, untuk varian Redmi, menyasar ke kalangan ke bawah yang cenderung atau biasanya datang dengan desain yang biasa saja atau tidak istimewa jika kita membandingkannya dengan varian Mi.

Akan tetapi, jangan takut dan janganlah ragu karena yang dibawa oleh varian Redmi tak begitu mengecewakan karena walaupun desain minimalis, namun tetap memiliki kesan yang elegan dan sedap untuk dipandang di mata.

Kesimpulan :

Xiaomi Redmi : Desain yang diberikan pada varian Redmi terbilang biasa saja, standar, namun bersifat lebih minimalis dan masih memiliki kesan elegan.

Xiaomi Mi : Desain yang diberikan ini sangat memukau, sangat elegan dan bahkan mampu memberikan kesan istimewa saat pertama kali kita melihatnya.

5. Pengalaman Pengguna yang Berbeda

Xiaomi Mi Note 3
Xiaomi Mi Note 3, via androidauthority.com

Yang terakhir, tentu kedua varian Xiaomi itu memiliki perbedaan terhadap user experience atau yang biasa dinamakan dengan pengalaman pengguna.

Sekarang ini banyak yang melakukan review tentang smartphone yang baru dibeli atau smartphone yang sedang digunakan.

Pada umumnya, untuk user experience pada Redmi itu terbilang masih sangat standar. Memainkan game, aplikasi, bersosial media ria dan lain sebagainya.

Akan tetapi, saat dalam jangka waktu yang lama, jika dilakukan berlebihan, tentu smartphone akan cepat panas dan terkadang lag karena kita menggunakannya terlalu memaksa alias berlebihan.

Berbeda dengan varian Mi, jika kita menggunakan varian yang ini, kualitas yang dihasilkan tentu berbeda daripada Redmi.

Contohnya jika menggunakan grafis yang jauh lebih baik, tentu pengalaman pengguna saat memainkan game juga jauh lebih wah alias lebih memukau. Terlebih bisa dengan multitasking tanpa adanya masalah.

Walaupun memang fitur-fitur tersebut cukup sulit dibedakan oleh orang awam, tentu saja sensasinya sudah berbeda, yang mana Mi jauh lebih diunggulkan daripada Redmi. Percayalah!

Kesimpulan :

Xiaomi Redmi : Tentunya menggunakan varian Redmi ini, pengalaman pengguna yang diberikan terkesan biasa saja atau standar, seperti kita menggunakan smartphone lain, tak ada hal yang lebih yang perlu ditonjolkan.

Xiaomi Mi : Untuk varian ini sendiri, tentu mampu memberi kesan lebih bagus dan lebih menarik, seperti layar yang tak membuat mata kita menjadi silau, grafis saat memainkan game yang jauh lebih tampak seperti nyata, hasil kamera yang memuaskan dan masih banyak lagi yang bisa diberikan untuk varian yang satu ini.

Daftar Harga HP Xiaomi :

Kesimpulan Akhir

Kesimpulan yang bisa kita ambil atau kita petik dari kedua varian tersebut, antara Xiaomi Redmi dengan Xiaomi Mi begitu terlihat jelas.

Xiaomi Redmi lebih menyasar kepada kalangan menengah ke bawah, sementara untuk Xiaomi Mi lebih dikhususkan menyasar kepada kalangan menengah ke atas.

Hal ini dikarenakan spesifikasi dan harga yang diberikan tentu berbeda. Ada harga ada kualitas tentunya. Jika ingin merasakan sensasi yang jauh lebih baik, alangkah baiknya cobalah gunakan varian Mi.

Setelah mengetahui perbedaan dari kedua varian tersebut, maka, saat ini Anda jangan salah pilih antara Redmi dengan Mi ya!
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search