banner here

Ini Dia 10 Alasan Kenapa Harga HP Xiaomi Murah!

- Oktober 01, 2017
advertise here
Xiaomi saat ini bisa dengan mudah menjadi salah satu primadona smartphone bagi banyak masyarakat yang ada di Indonesia, tentunya dengan berbagai macam alasan yang membuat Xiaomi mudah melekat di hati para konsumennya, terutama di Indonesia.

Sebelumnya, perlu kita ketahui lebih dahulu lebih dalam, jika Xiaomi merupakan brand terkenal yang berasal dari Cina, yang mulai berdiri pada tahun 2010. Dengan usia muda Xiaomi ini, popularitas yang ditunjukkannya kian meningkat dan kian memuaskan para konsumennya.

Tak tanggung-tanggung, tepat pada tahun 2015 silam, Xiaomi berhasil menduduki peringkat ke-4 sebagai produsen smartphone terbesar yang ada di dunia! Sementara itu, di lain sisi, tentu ada pertanyaan menarik yang terselip di dalam hati kita, mengapa penjualan Xiaomi atau harga hp/ponsel Xiaomi itu bisa begitu murah?

Salah satu jawaban yang paling masuk akal ialah karena mereka melakukan suatu sistem bisnis dengan cerdas, baik itu untuk perangkat yang dihasilkan, hingga proses promosi atau penjualan kepada konsumen.

Sebenarnya, yang membuat orang-orang penasaran tinggi ialah spesifikasi Xiaomi yang diusung bisa dikatakan cukup tinggi, namun masih dengan harganya yang terjangkau. Inilah yang membingungkan. Daripada berlama-lama, yuk simak langsung menguak alasan kenapa harga hp Xiaomi bisa sangat murah dibandingkan dengan kompetitor yang lain!

10 Alasan Kenapa Harga HP Xiaomi Murah

Xiaomi Logo

1. Minim Kegiatan Promosi

Alasan pertama yang bisa dikatakan cukup fenomenal ini mampu menjawab pertanyaan kenapa harga ponsel Xiaomi bisa begitu murah dibandingkan dengan kompetitor yang lain, karena memang Xiaomi minim atau dengan kata lain jarang melakukan proses promosi.

Secara mudah atau lebih sederhananya begini, apakah kalian pernah melihat iklan Xiaomi di berbagai media yang ada? Baik itu media cetak seperti koran atau majalah, hingga media elektronik seperti contohnya televisi. Kita akan memiliki asumsi dan berkeyakinan tinggi jarang atau malah sama sekali tak pernah melihat iklan Xiaomi!

Seperti yang kita ketahui, untuk biaya promosi saja itu bisa mengeluarkan atau menggelontorkan dana yang begitu besar! Untuk promosi 1 produk biasanya bisa mencapai hingga ratusan juta atau hingga milyaran rupiah untuk promosi dalam jangka waktu tertentu.

Maka dari itu, bisa disimpulkan dari sinilah jika Xiaomi jarang melakukan promosi, maka untuk penjualan produk smartphone milik Xiaomi bisa jauh lebih ditekan hingga lebih murah 50% dibandingkan dari kompetitor lain yang sudah memiliki nama di pasaran.

Jadi, untuk masalah yang pertama, masalah pengeluaran untuk promosi sudah terselesaikan. Kelihatannya sepele, tapi ternyata bisa menekan harga jual produk, tak tanggung-tanggung dengan menjual smartphone-nya dengan harga yang miring!

2. Sistem 'Flash Sale'

Sekarang ini, sistem flash sale menjadi salah satu tren terkini yang ada di dalam dunia bisnis, terutama untuk sektor e-ritel. Sebenarnya, flash sale ini bisa dilakukan dengan konsep yang relatif sederhana, yakni dengan cara memberikan tawaran potongan harga (diskon) yang terbilang tinggi, namun hanya berlaku dalam jangka waktu tertentu saja.

Sistem ini bisa dikatakan menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik itu bagi konsumen maupun bagi pelaku usaha/bisnis. Bagi pelaku bisnis, mereka bisa menjual produknya dengan cepat alias lebih singkat, inilah contoh yang dilakukan oleh Xiaomi. Sementara itu, bagi konsumen, mereka juga senang karena bisa memperoleh produk tertentu dengan harga di bawah normal.

Akan tetapi, kelemahan dari program atau sistem tawaran ini ialah yang biasanya berlaku secara mendadak, berlangsung dalam jangka waktu yang sangat pendek. Hal inilah yang membingungkan konsumen, mau tak mau, jika memang memiliki minat, harus membeli detik itu juga. Lakukan aksi atau malah ketinggalan.

Inilah yang sudah diterapkan oleh Xiaomi, yang mana dengan menggunakan metode flash sale ini terbukti sangat efektif dalam menekan biaya pemeliharaan dan juga gudang penyimpanan. Dengan begitu, semua produk yang dibuat tak akan menumpuk di gudang, dan tak akan pernah ada lagi kasus produk yang tak laku.

3. Tujuan Penjualan Produk

Jika vendor smartphone Apple yang lebih menyasar kepada kalangan kelas atas untuk smartphone high-end miliknya, hal tersebut tentu memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan yang sangat banyak walau hanya dengan menjualkan produknya dengan sedikit.

Berbanding terbalik dengan Xiaomi, yang mana mereka lebih menyasar kepada konsumen banyak walau hanya memperoleh keuntungan sedikit. Mungkin menurut mereka, walau untung sedikit, tapi lama kelamaan akan menjadi bukit.

Inilah yang membuat Xiaomi untung berlipat ganda, karena dengan banyak konsumen, tentu akan banyak jaringan dan akan lebih mudah dipasarkan oleh konsumennya yang rata-rata kebanyakan akan mengatakan, "harga Xiaomi murah loh, tapi spesifikasinya bagus!" itulah power yang ditimbulkan oleh adanya banyak konsumen.

Sekali lagi, Xiaomi ini sangat pandai dalam membaca pasar dengan melakukan promosi yang tepat, sehingga mereka bisa menekan angka kerugian dan mengumpulkan angka keuntungan yang fantastis!

4. Melakukan Ekspor ke Pasar yang Memiliki Potensial

Xiaomi tak hanya menjual smartphone mereka terhadap basis pelanggan yang kecil, melainkan Xiaomi akan berusaha lagi lebih dalam untuk memperluas pasarnya hingga ke berbagai negara. Memang tak banyak cakupan Xiaomi, namun mereka berhasil membaca pasar.

Mereka pandai membaca situasi dan kondisi dengan menyasar ke berbagai negara yang potensial, contohnya Indonesia, sebagian besar negara yang ada di Asia Tenggara, Brasil, Rusia, India, hingga Meksiko. Dengan mengekspor atau memasarkan produk mereka ke luar negeri, maka pendapatan Xiaomi menjadi lebih banyak akibat dari penjualan yang mereka lakukan di pasar potensial tersebut.

Nampaknya Xiaomi tak ingin terburu-buru dengan penjualannya, karena secara perlahan, konsumen mulai menggemari produk mereka dengan harga yang miring namun tersedia dalam spesifikasi kelas atas.

Walau dengan keuntungan kecil yang didapat, namun dengan membludaknya jumlah konsumen yang berminat, seiring dengan berkembangnya waktu, bukan tak mungkin Xiaomi mampu menjadi raja smartphone di pasar dunia dalam beberapa tahun yang akan datang, hal ini tentu atas berkat kerja keras mereka.

5. Kerja Sama Strategis

Xiaomi Bekerja Sama dengan Qualcomm

Sebelumnya, perlu kalian ketahui jika Xiaomi itu didirikan oleh para pemain lama yang sudah berkecimpung di dalam dunia bisnis teknologi, termasuk salah satu contohnya adalah Hugo Barra yang saat ini dirinya menjabat sebagai Vice President Xiaomi.

Hugo Barra, yang merupakan eks bos Google itu mengaku jika dirinya memiliki hubungan yang cukup baik dengan para penyuplai komponen, terutama dalam masalah hardware (perangkat keras). Dengan demikian, Xiaomi bisa memperoleh pasokan komponen dengan harga yang jauh lebih murah akibat dari adanya hubungan baik itu.

Xiaomi mempunyai banyak mitra besar, contohnya Qualcomm. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, Qualcomm merupakan suatu perusahaan yang selalu menghadirkan processor yang super kuat. Maka dari itu, hingga saat ini, banyak smartphone produksi Xiaomi yang sudah menggunakan processor Qualcomm sebagai otak smartphone-nya.

Salah satu contoh adanya kerja sama atau hubungan yang baik terjalin antara Xiaomi dengan Qualcomm, maka Xiaomi bisa dengan mudah memperoleh processor dengan harga yang relatif lebih murah. Tidak hanya dengan Qualcomm saja, Xiaomi juga memiliki kedekatan dengan produsen layar dan berbagai macam produsen komponen hardware yang lain.

6. Pemasaran secara Online

Mengenai masalah harga Xiaomi yang begitu kompetitif, Vice President Xiaomi, Hugo Barra menambahkan jika kunci lain penjualan Xiaomi yang sukses itu dengan penjualan yang dilakukan murni secara online.

Hugo mengungkap jika menjual melalui toko retail, banyak biaya yang lain sehingga mampu menambah mahal harga produk. Sementara itu, apabila dijual secara online, hanya perlu memikirkan dari segi ongkir (ongkos pengiriman) saja.

Ibaratnya, lagi-lagi proses promosi ditekan dari banyak aspek menjadi sedikit aspek untuk bisa meraih harga istimewa dan bisa membuat kedua pihak senang, baik itu bagi produsen maupun bagi konsumen. Seperti simbiosis mutualisme, sama-sama saling menguntungkan satu sama lain.

7. Pandai Membaca Pasar

Untuk bisa mencapai segala bentuk tujuan penjualan produk yang dimiliki, Xiaomi senantiasa bisa dengan mudah membaca pangsa pasar mereka dengan baik.

Alih-alih mencoba untuk memperluas jangkauan produknya di negara yang tak memiliki minat sama sekali terhadap smartphone yang ditawarkan, Xiaomi malah justru terus-terusan menggempur serta memanjakan negara yang meminati produk yang dihasilkan, salah satu contohnya Indonesia.

Dengan sudah berhasil mendapatkan hasil yang positif di Indonesia, maka Xiaomi tak akan begitu saja menyia-nyiakan kesempatan emas tersebut. Langkah selanjutnya yang mereka lakukan menggempur lagi dan lagi.

Caranya dengan cara membuat pabrik di Indonesia, maka dari itu hadirlah smartphone Xiaomi murah yang memang benar-benar made in Indonesia, diberi nama dengan Xiaomi Redmi 4A. Tentu, kita sebagai orang Indonesia merasa tertarik dengan produk hasil dalam negeri bukan? Nah itu teknik pemanfaatan promosi yang dilakukan oleh Xiaomi.

Daftar Harga HP Xiaomi :

8. Toko Fisik

Langkah ini bisa dikatakan sangat efektif dalam menekan biaya produksi sebuah smartphone yang mana membuat smartphone milik Xiaomi bisa dijual dengan murah meriah kepada para konsumennya.

Di dalam melakukan strategi penjualan, yang dilakukan oleh vendor asal Cina ini ternyata tak memerlukan distributor, reseller, atau bahkan staf toko yang setiap hari dituntut harus buka untuk memberikan pelayanan kepada pelanggannya.

Berkat hal inilah, biaya produksi bisa lebih ditekan dan vendor smartphone asal Cina ini jauh lebih greget dan ngotot dengan cara pemasaran via online saja yang dinilai lebih banyak menarik minat para calon konsumen.

Bayangkan saja jika mereka membuka toko fisik, dalam sebuah toko fisik memerlukan pendanaan yang begitu besar, mulai dari pasokan smartphone, perawatan, hingga gaji (penghasilan) untuk karyawan-karyawannya.

9. Paket Penjualan yang Simple

Bagi kalian yang memang sudah pernah membeli smartphone Xiaomi, tentu saja sudah tahu menahu apa yang ada dan apa yang tidak ada di dalam box HP Xiaomi.

Salah satu jawaban yang tak ikut atau tak ada di dalam box Xiaomi ialah tak tersedia adanya headset dalam paket penjualan tersebut. Bahkan, tidak hanya itu saja, juga tak tersedia buku panduan untuk menggunakan ponsel tersebut.

Mungkin, yang menjadi salah satu alasan ialah untuk menekan biaya produksi dan alasan lain yang mendukung, untuk apa memberikan buku panduan jika nyatanya tak pernah dibaca oleh konsumen, seperti bersifat hiasan saja.

Kan sekarang ini, konsumen juga lebih gemar langsung memainkan dan mencoba ponsel mereka dibandingkan membaca buku panduan. Toh jika ada apa-apa, internet bisa menjadi fasilitatornya.

10. Hanya Memiliki Sedikit Varian

Varian Xiaomi

Xiaomi ini dikenal sebagai salah satu vendor smartphone yang hanya memiliki 2 macam varian ponsel saja, yakni Redmi series yang digunakan dan dijual untuk kelas menengah dan untuk kelas atas ada jajaran dari Mi series.

Dengan 2 varian inilah, yang mampu membuat Xiaomi memfokuskan terhadap produk mereka, sehingga tidak berpikir lagi dan memutar otak untuk menghasilkan produk baru.

Ibaratnya, jika kita fokus dengan hal yang sedikit, tentu kita bisa dengan mudah mengejar hasilnya, dibandingkan mengerjakan banyak hal namun sulit untuk fokus.

Kesimpulan

Jadi, jawaban dari mengapa harga ponsel Xiaomi begitu murah dibandingkan dengan kompetitor lain karena memang Xiaomi mampu menekan proses produksi dan lebih mengutamakan promosi yang benar-benar tertarget, dibandingkan harus melakukan promosi secara menyeluruh namun ibarat kata hasilnya hanya sedikit.

Tidak hanya itu saja, adanya orang-orang ramah sehingga memiliki kedekatan atau hubungan baik dengan vendor lain. Terlebih, petinggi Xiaomi juga sudah berkecimpung lama dalam dunia teknologi, sehingga mereka juga sudah hapal dengan potensi pasar, yang mana yang memungkinkan potensial dan yang mana yang hanya menghasilkan zonk.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search