banner here

Buruan Cek! 10 Ciri-ciri Smartphone yang Terkena Virus dan Solusinya

- Januari 01, 2018
advertise here
Seringkali, virus membuat ulah di berbagai perangkat elektronik, contohnya pada smartphone alias HP android. Virus yang masuk dan merusak ke smartphone terkadang gampang-gampang susah dalam solusi cara mengatasinya.

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna smartphone Android dari tahun ke tahun, membuat para penjahat cyber menargetkan kepada para pengguna android sebagai salah satu sasaran empuk mereka.

Yang jauh lebih parahnya lagi, lebih dari 50% virus atau malware berbahaya yang diciptakan, ditujukan untuk menyerang perangkat-perangkat android.

Tentu dengan hal ini menjadi salah satu ancaman buruk bagi kita yang sering menggunakan HP android dalam melakukan berbagai macam aktivitas atau kegiatan, seperti contohnya belanja online, mobile banking dan transaksi perbankan yang lain.

Apablia kita sedikit saja lengah, maka segala aktivitas atau kegiatan yang berhubungan dengan internet bisa dengan mudah dimata-matai oleh para hacker, bahkan mereka sendiri juga bisa dengan mudah mencuri data-data penting yang lain yang ada di smartphone kita.

Lantas, apakah HP android yang kamu gunakan saat ini sudah terindikasi terinfeksi virus atau bahkan malware yang berbahaya? Untuk bisa mengetahui lebih lanjut akan hal ini, mari simak ciri-cirinya!

Tanda atau Ciri-ciri Smartphone yang Terkena Virus

Ciri-ciri Smartphone yang Terkena Virus

1. Muncul Iklan Pop-up

Tanda-tanda yang pertama smartphone terkena virus adalah dengan munculnya iklan di perangkat dengan sering, terlebih apabila ada iklan atau pesan yang muncul secara pop-up, yang sangat mengganggu aktivitas kita saat menggunakan smartphone.

Apabila kamu menemukan iklan ini di dalam aplikasi atau game atau bahkan website yang sedang kamu kunjungi menampilkan iklan, itu wajar dan sangat tidak mengganggu, karena memang itu bukanlah virus. Yang jauh lebih mengganggu adalah dengan adanya pop-up!

Iklan pop-up ini akan datang atau hadir saat kita sedang tidak browsing bisa muncul sendiri. Misal di homescreen, lockscreen atau saat membuka berbagai macam aplikasi yang biasanya tak ada iklan, kok malah tiba-tiba ada iklan pop-up yang muncul dan sangat mengganggu.

Alangkah baiknya saat muncul jangan diklik karena itu menjadi salah satu jalan bagi para penjahat cyber untuk mengambil informasi penting milikmu yang terdata di dalam smartphone.

2. Baterai Smartphone Menjadi Cepat Habis

Baterai smartphone yang kamu miliki jadi lebih cepat habis dibandingkan dari biasanya? Padahal, kamu menggunakan smartphone secara wajar dan menginstall aplikasi yang tak berat.

Nah, jawabannya, bisa jadi ada program lain yang sedang berjalan di belakang layar, di balik layar (background) smartphone kamu ialah virus! Cobalah untuk cari tahu apakah memang ada aplikasi yang tak diinginkan yang hadir di smartphone kamu.

Cara mengeceknya, kamu bisa :
  1. Buka pengaturan (settings)
  2. Klik aplikasi (application)

Coba untuk cek alias memeriksa daftar dari seluruh aplikasi yang ada di smartphone, apakah terdapat aplikasi yang mencurigakan terinstall di smartphone kamu.

Jika kamu jeli mengecek satu persatu, kemungkinan ada aplikasi asing atau aplikasi yang tak sengaja masuk ke dalam smartphone milikmu yang selama ini sudah berusaha merekam segala bentuk gerak-gerik dari aktivitas atau kegiatan kamu saat memainkan smartphone.

3. Kuota Menjadi Cepat Habis

Kuota yang cepat habis juga bisa menjadi salah satu pertanda jika smartphone yang kamu miliki sedang terjangkit oleh virus. Cek terlebih dahulu aplikasi apa saja yang memang benar-benar menghabiskan kuota internet kamu.

Cara untuk mengeceknya sangat mudah :
  1. Buka pengaturan (settings)
  2. Klik penggunaan data/pemakaian data (data usage)

Dari situlah kamu bisa dengan mudah melihat berbagai macam daftar aplikasi yang paling banyak memakan atau menyedot kuota yang kamu miliki. Apabila aplikasi itu memang sering kamu gunakan, maka hal tersebut tidak mengapa.

Nah, yang tidak wajar ialah saat ada aplikasi yang sangat jarang digunakan atau bahkan sesekali menggunakannya bisa muncul ke dalam teratas yang menghabiskan kuotamu. Apabila menemukan hal yang seperti ini, sebaiknya harus cepat-cepat hapus aplikasi tersebut.

4. Redirect Malware

Apabila kamu memang sedang asik browsing atau bahkan sedang membuka aplikasi tertentu, namun muncul redirect secara tiba-tiba ke situs yang sangat mencurigakan.

Dari sini, kamu coba untuk perlu waspada, bisa saja itu merupakan malware. Salah satu solusi yang bisa dilakukan ialah memeriksa kembali daftar seluruh aplikasi yang terinstall di smartphone, apakah ada aplikasi yang mencurigakan atau tidak.

5. Smartphone Menjadi Lemot

HP Android yang lemot atau sering lag menjadi salah satu peristiwa atau kejadian yang wajar. Biasanya, hal tersebut terjadi dikarenakan android yang menjalankan berbagai macam aplikasi secara sekaligus dalam satu waktu.

Dengan menjalankan banyak aplikasi sekaligus dalam satu waktu, maka android akan memakan begitu banyak RAM. Tidak hanya itu saja, smartphone yang lemot juga bisa diakibatkan oleh adanya kapasitas memori internal yang sudah hampir penuh.

Akan tetapi, bagaimana jika smartphone lemot walau hanya beberapa aplikasi yang digunakan dan tidak menginstall game yang berat? Hal ini patut untuk kamu curigai dan waspadai!

Bisa jadi smartphone kamu sudah disisipi oleh virus yang bekerja secara diam-diam di belakang layar smartphone. Cara mengatasinya, kamu harus mencari aplikasi yang mencurigakan dan menghapusnya. (Selengkapnya : 9 Trik Jitu Cara agar HP Tidak Terkena oleh Virus Berbahaya)

6. Sering Melakukan Restart Sendiri

Apabila HP android milik kamu sering mati sendiri atau sering restart sendiri, kemungkinan besar sistem android milik smartphone kamu sedang terganggu kinerjanya. Ada banyak hal yang bisa mengganggu sistem android.

Salah satu contohnya adalah virus yang menyerang dan merusak sistem android, sehingga bisa menyebabkan HP menjadi sering restart atau sering reboot sendiri. Cara paling mudah untuk mengatasinya ialah dengan cara melakukan scanning dengan menggunakan aplikasi antivirus.

7. Booting yang Lama

Smartphone yang booting terlalu lama dari biasanya, pada umumnya dikarenakan RAM dan memori internal yang terlalu rendah atau malah hampir penuh penggunaannya.

Akan tetapi, jika smartphone yang kamu miliki mempunyai spesifikasi yang cukup dan mumpuni, namun ternyata booting masih lama, maka harus dicurigai jika smartphone terinfeksi oleh malware.

Apabila kondisi yang terjadi ini sudah begitu parah, maka disarankan atau direkomendasikan untuk melakukan factory reset.

8. Muncul atau Menerima SMS yang Aneh

Kamu tentu tahu mana SMS (pesan singkat) yang datang dari kontak kamu dan mana yang bukan. Jika suatu hari atau suatu ketika kamu menemukan SMS aneh yang mana kamu tak melakukannya, ada kemungkinan jika smartphone kamu sudah diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Pada umumnya, SMS aneh yang masuk ini dipergunakan oleh peretas dalam mengambil atau mencuri akun dan data perbankan atau bahkan login ID media sosial.

Teknik yang digunakan di sini biasanya dikenal dengan nama teknik phising. Jadi, segera hapus SMS yang tak penting atau mencurigakan tersebut.

Tidak hanya itu saja, yang lebih parahnya lagi, smartphone yang terkena malware juga ternyata bisa melakukan panggilan ke nomor telepon tertentu secara diam-diam lho!

9. Biaya Penggunaan Telepon Menjadi Membludak

Malware juga bisa dengan mudah mengontrol penggunaan atau pemakaian telepon dan SMS, sehingga kadang tanpa diketahui, malware bekerja dengan cara mengirim SMS ke layanan berbayar yang memiliki sifat berlangganan.

Untuk mengetahui secara lebih lanjut atau secara lebih jelas, bagi kalian yang menggunakan pulsa telepon sistem prabayar, pasti akan dengan mudah bisa melihat rincian telepon dan SMS yang sudah dipergunakan.

10. Mati Sendiri saat Menerima Telepon

Jika kamu pernah mengalami hal yang satu ini, bisa jadi di dalam smartphone kamu sudah terdapat virus, malware atau bahkan yang sejenisnya menyusup masuk ke dalam perangkat kamu.

Salah satu yang bisa dilakukan oleh penjahat ini dengan cara mempengaruhi panggilan yang masuk. Jadi, saat kamu sedang mendapatkan atau menerima telepon orang lain, tanpa diketahui dengan jelas, pembicaraan terputus.

Selain penyebabnya jaringan yang terganggu, pulsa si penelpon habis atau pulsamu habis dan kemungkinan yang ketiga karena terindikasi virus di dalam smartphone milikmu.

Tips agar Smartphone Terhindar dari Virus

Solusi atau Tips agar Smartphone Terhindar dari Virus

  • Unduh atau download aplikasi yang diperlukan dari situs-situs resmi. Misal unduh saja dari Google Play Store, untuk pengguna Apple di Apple App Store. Jangan unduh di tempat yang lain.
  • Unduh juga aplikasi antivirus yang sangat membantu saat kamu sedang membutuhkannya di saat smartphone sudah tak lagi berjalan seperti biasa kinerjanya.
  • Hapus aplikasi yang mencurigakan, yang terdeteksi di pengaturan.
  • Seringlah untuk melakukan backup data, baik itu berupa foto, video atau file penting yang lain. Manfaatkan Google Drive, Dropbox atau yang lain untuk melakukan backup data.
  • Jika perlu, pada pengaturan (settings) hapus centang unknown resouce (sumber yang tak dipercaya) agar smartphone bisa terlindung dari aplikasi yang berbahaya dan aplikasi jahat.
  • Apabila virus sudah brutal masuk ke dalam smartphone dan kamu tak tahan, lebih baik untuk melakukan factory reset.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search