banner here

Apa Pentingnya RAM pada HP/Smartphone? Ini Jawabnya!

- November 04, 2017
advertise here
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang memiliki kegunaan sebagai media penyimpanan atau memori yang hanya memiliki sifat sementara saja. RAM diukur dalam besaran MB dan GB untuk saat ini.

Pada dasarnya, RAM ialah memori yang di dalamnya berisi data-data aplikasi yang sedang dijalankan oleh para penggunanya, baik itu pada smartphone ataupun komputer.

Karena memang RAM ini memiliki sifat sementara saja, maka data yang ada pada RAM akan hilang jika perangkat atau smartphone volatile, yang berarti data di dalam RAM tak ditulis secara permanen.

Data yang tersimpan di dalam RAM, akan hilang jika kita melakukan suatu restart pada HP. Untuk melihat lebih jelasnya lagi, simak Pengertian RAM dan ROM pada HP/Smartphone.

Lalu, yang menjadi pertanyaan saat ini, betapa pentingnya RAM itu dalam perangkat elektronik kita? Padahal, RAM hanya bersifat sementara saja?

Pentingnya RAM bagi Smartphone

Pentingnya RAM pada HP/Smartphone

RAM ini berfungsi seperti layaknya sebuah jembatan. RAM akan melakukan kodefikasi aplikasi yang sering dan sedang digunakan oleh penggunanya. Di dalam RAM, data akan tulis dan dihapus setiap saat.

Data yang penting bagi sebuah aplikasi tentunya menjadi lebih mudah diakses apabila RAM di write-read oleh Operating System (sistem operasi).

Jika semakin besar RAM tersebut, maka semakin luas file data yang bisa diakses dan disimpan. Pada RAM yang cenderung memiliki kapasitas kecil, contohnya 512 MB, file data yang terlalu besar akan dihapus pada saat smartphone dilakukan reboot atau restart.

Maka, tak heran jika smartphone dengan kapasitas RAM yang kecil akan lola (loading lambat/loading lama) di detik awal setelah proses dilakukan reboot. Hal ini dikarenakan RAM akan kembali menulis data file.

Benarkah RAM di HP itu Penting?

Tentu! Semakin besar RAM smartphone yang kita miliki, maka semakin optimal juga performa yang diberikan. Dengan kian majemuknya processor, sepertti 64 bit dengan octa-core milik iPhone, tentu aplikasi bisa kian besar dengan memakan memori pada RAM.

Sementara itu, perlu kita ketahui sekilas jika aplikasi sosial media seperti contohnya WhatsApp, bisa memakan hampir 100MB. Bahkan, untuk browser saja, seperti Chrome bisa memakan hingga hampir 300 MB. Belum lagi ditambah dengan game 3D yang sudah diinstall.

Semakin halus grafik 3D, maka RAM yang digunakan semakin besar pula. Belum lagi tambahan dari suara, tekstur beserta dengan efek-efek yang lain juga bisa membebani RAM tersebut.

Maka, idealnya, bisa disimpulkan jika semakin besar RAM, maka semakin bagus pula performa yang diberikan.

Berapa RAM yang Ideal?

Bagi Anda yang suka main game dengan menggunakan smartphone, tentu dengan RAM 512 tak cukup dan bukan menjadi salah satu pilihan yang tepat. Dengan RAM ukuran tersebut, dijamin setiap waktu, game akan lag.

Sementara itu, untuk yang gemar dengan media sosial, RAM 4GB dinilai terlalu lebih atau berlebihan, karena aplikasi media sosial tak akan memakan banyak RAM hingga 4GB banyaknya. Lalu, yang menjadi pertanyaan, berapa RAM yang ideal yang dibutuhkan oleh pengguna?

Bisa dikatakan, RAM ideal untuk paling minimal ialah 2GB. Dengan RAM 2GB ini, Anda bisa menyisipkan berbagai macam aplikasi media sosial, aplikasi edit foto atau video, game, aplikasi edukasi dan lain sebagainya sudah cukup dengan ukuran 2GB.

Sementara itu, bagi Anda yang suka memainkan game, terlebih dengan grafik tinggi, kualitas tinggi, nampaknya Anda harus mulai mempertimbangkan untuk membeli smartphone baru dengan minimal RAM ialah 4GB.

Bolehkah RAM Besar, Namun Tak untuk Memainkan Aplikasi yang Berat?

Tentu saja boleh dan sangat boleh! Lihat lagi bacaan di atas jika pada dasarnya, semakin besar RAM yang dimiliki suatu smartphone, maka kinerja smartphone juga lebih cepat dan lebih optimal.

Dengan RAM sebesar itu hanya untuk aplikasi standar seperti browsing, edit foto dan video, aplikasi untuk edukasi, game dan lain sebagainya dengan ukuran RAM besar sangat diperbolehkan dan tak membuat berat smartphone Anda.

Yang terpenting, memainkan atau mengunduh aplikasi di smartphone jangan melebihi atau membebani batas RAM yang ada di dalam smartphone, karena tentu kinerjanya akan lambat dikarenakan banyak dipergunakan yang membuat smartphone menjadi lelet.

Apa Keuntungan Memiliki RAM Besar?

Keuntungan jika smartphone memiliki kapasitas RAM yang besar ialah pengguna bisa dengan mudah merasakan sensasi aplikasi berjalan dengan lebih halus alias lebih smooth.

Aplikasi yang dijalankan oleh pengguna juga tak perlu disimpan di dalam 'gudang', karena akan tetap dibiarkan berjalan di belakang layar. Sehingga, saat pindah aplikasi, bisa dilakukan dengan jauh lebih cepat karena memang RAM-nya cukup atau bahkan bisa dikatakan lebih dari cukup.

Tidak hanya itu saja, masih banyak keunggulan lain memiliki RAM besar, yang bisa kalian baca di Bukan Main! Ini 4 Keunggulan HP dengan RAM Besar!

Kesimpulan

RAM besar pada sebuah smartphone tentu akan meringankan kinerja processor.

Jadi, fungsi RAM pada smartphone bisa untuk meringankan kinerja processor dalam memproses suatu data aplikasi, sehingga bisa memperlancar adanya proses multitasking.

Akan tetapi, perlu untuk diingat juga, untuk bisa memperoleh performa smartphone yang maksimal tak hanya karena besaran dari kapasitas RAM saja, melainkan juga dari berbagai macam dukungan komponen yang lain.
Advertisement advertise here

 

Start typing and press Enter to search